Pengantar

Keduabelas prinsip animasi ini dikembangkan oleh sesepuh studio Walt Disney yaitu Frank Thomas dan Ollie Johnston sekitar tahun 1930an. Prinsip-prinsip animasi ini dapat dikatakan sebagai hasil refleksi pekerjaan mereka terhadap upaya untuk memperlihatkan bagaimana film animasi yang ditampilkan terlihat lebih “real” dalam hal begaimana mereka bergerak dan sekaligus bagaimana pergerakan tersebut dapat mengekspresikan karakter dan personalitas karakter tersebut.

Terminologi yang digunakan sangat penting untuk dipahami terutama ketika kita memberi atau menerima kritik dari sesama animator/orang lain. Misalnya kita akan mengatakan”anda perlu menambahkan antisipasi pada aksi tersebut supaya terlihat lebih hidup” atau “coba tambahkan lebih banyak follow through pada ekor jubah itu”.

Posting-posting yang berikutnya akan berisi ulasan singkat keduabelas prinsip animasi tersebut yang disadur dari buku “Illusion of Life” karangan Frank Thomas dan Ollie Johnston. Penjelasan yang lebih lengkap dapat anda baca di buku tersebut.

  1. Squash dan Stretch
  2. Antisipasi
  3. Staging
  4. Animasi Straight ahead dan pose-to-pose
  5. Aksi Follow through dan overlapping
  6. Slow-in dan Slow-out
  7. Arcs
  8. Aksi sekunder
  9. Timing
  10. Exaggeration
  11. Solid Drawing
  12. Appeal

Setelah anda mempelajari keduabelas prinsip tersebut, coba lihat video berikut untuk melihat di bagian mana saja prinsip-prinsip tersebut diterapkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: